Pelaksanaan Pekan Kreatifitas Pendidikan PAUD Kota Banda Aceh

Pelaksanaan Kegiatan Pekan Kreatifitas PAUD Banda Aceh yang dilaksanakan mulai tanggal 18 s.d 24 September 2019 bertempat di Gedung SKB adalah event rutin untuk pengembangan Program PAUD serta memperkenalkan keberhasilan dan inovasi pembelajaran jenjang PAUD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Banda Aceh dengan memperlombakan : Hafalan Surat Pendek, Menari, Mewarnai Gambar dan Menyusun Puzlle. Kegiatan selama sepekan ini diikuti hampir 1.100 peserta baik perorangan, kelompok, serta diwakili oleh 21 Gugus PAUD yang berasal dari 9 kecamatan yang ada di Kota Banda Aceh.

Dalam sambutannya ketua TP.PKK Kota Banda Aceh atau lebih dikenal dengan Bunda PAUD Ibu Hj. Nurmiati AR. menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa atas pelaksanaan Pekan Kreatifitas PAUD yang memberikan kontribusi besar untuk landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Usia dini merupakan “Golden Age” bagi seseorang, yang hanya ada satu kali dalam seumur hidup anak manusia dan tidak akan pernah terulang kembali, maka pergunakanlah kesempatan terbaik ini untuk kita mempersiapkan masa depan anak-anak Indonesia menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah wadah bermain dan belajar bagi anak-anak kita. Dalam prosesnya anak-anak akan di didik serta dibantu untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki sehingga berkembanglah potensi-potensi pada diri anak sejak usia dini, Enam Kompetensi Anak yang kita kembangkan meliputi : Pengembangan Potensi Nilai Agama dan Moral, Bahasa,Kognitif, Fisik Motorik, Sosial Emosional dan Seni.

Hal tersebut dipertegas oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kerja keras kita untuk mengembangkan PAUD kedepan semakin tertantang dengan perkembangan zaman terlebih lagi persiapan kita memasuki era Revolusi Industri 4.0, kita menyiapkan generasi milenial yang ada dihadapan kita ini berkontribusi menjadi generasi Islami menuju Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariat.

Dengan adanya Kreatifitas Pendidikan Anak Usia Dini pada hari ini, Layanan paripurna wajib PAUD Setahun Pra Sekolah dasar dapat terwujud serta proses pembelajaran yang ada dalam lingkungan PAUD terus berkembang, sehingga kedepan nantinya terus melahirkan anak-anak yang memiliki kesiapan, baik dari segi akhlak maupun pengetahuan demikian liputan kegiatan Pembangunan PAUD.

About Nur Muhammad 4 Articles
Penulis saat ini bertugas di Bidang Pembinaan PTK Sebagai Kepala Seksi Data dan Informasi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh.